PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN

Achmad Muchaddam Fahham

Abstract

This article is written in order to understand the characteristic of Islamic boarding school as well as to explain some values required in forming the character of students and implementation strategies of character education in Islamic boarding school. The results of this study concluded that the boarding school is an educational institution that implemented integral character education in the overall process of education and learning. Hence, it formed the typical boarding school culture that distinguishes it from other education system of non-Islamic boarding school. Values being developed in Islamic boarding school help its students in building their characters through five principles of sincerity, simplicity, independency, brotherhood guided by the spirit of religion, and freedom. In addition to that, in general, modern Islamic boarding schools have followed the path of Gontor Modern Islamic Boarding School who developed a motto of healthy, knowledgeable, and free-thinking. Those values are then being fully implemented in not only learning process, but also in the formation of Islamic boarding school culture, co-curricular activities, and extra-curricular activities.

Keywords

Pendidikan pesantren; pondok modern; pancajiwa; nilai pembentuk karakter; strategi pendidikan dan kultur pesantren;

Full Text:

Untitled

References

REFERENCE --------------, 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.

--------------, 2005. Manajemen Pesantren Pengelaman Pondok Modern Gontor. Gontor: Trimurti Press.

---------------, 2005. “Pengalaman Pendidikan Pesantren di Era Otonomi Pendidikan: Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dalam Pidato Ilmiah Penerimaan Gelar Doktor Honoris Causa di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tanggal 20 Agustus 2005.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter: Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: PT Grasindo.

Mardiyah. 2012. Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Megawangi, Ratna. 2007. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Notodiputro, Khairil Anwar. “Pesantren Tambang Emas Pendidikan.” dalam NU Online.

Samani, Muchlas dan Hariyahto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan langkah Praktis. Jakarta: Esensi Divisi Penerbit Erlangga.

Sauri, Sofyan. “Pendidikan Karakter di Pesantren lebih Baik dari Sekolah Umum.” dalam Radar Tasikmalaya, Kamis 26 Mei 2011.

Syukri Zarkasyi, Abdullah. 2005. Gontor & Pembaruan Pendidikan Pesantren. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahid, Abdurrahman. 2001. Menggerakkan Tradisi: Esai-esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS.

Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.

--------------, 2005. Manajemen Pesantren Pengelaman Pondok Modern Gontor. Gontor: Trimurti Press.

---------------, 2005. “Pengalaman Pendidikan Pesantren di Era Otonomi Pendidikan: Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, dalam Pidato Ilmiah Penerimaan Gelar Doktor Honoris Causa di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tanggal 20 Agustus 2005.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter: Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: PT Grasindo.

Mardiyah. 2012. Kepemimpinan Kiai dalam Memelihara Budaya Organisasi. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Megawangi, Ratna. 2007. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Notodiputro, Khairil Anwar. “Pesantren Tambang Emas Pendidikan.” dalam NU Online.

Samani, Muchlas dan Hariyahto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter: Wawasan, Strategi, dan langkah Praktis. Jakarta: Esensi Divisi Penerbit Erlangga.

Sauri, Sofyan. “Pendidikan Karakter di Pesantren lebih Baik dari Sekolah Umum.” dalam Radar Tasikmalaya, Kamis 26 Mei 2011.

Syukri Zarkasyi, Abdullah. 2005. Gontor & Pembaruan Pendidikan Pesantren. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wahid, Abdurrahman. 2001. Menggerakkan Tradisi: Esai-esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS.


DOI: https://doi.org/10.46807/aspirasi.v4i1.476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.