Persepsi Masyarakat Mengenai Nilai-Nilai Integritas Konstitusi Martabat Tujuh dalam Layanan ASN di Kabupaten Buton

Selvi Diana Meilinda, - Suwandi

Abstract

Integrity in Buton Regency reached a vulnerability index of 67.70 percent based on the 2022 Integrity Assessment Survey (SPI) by the Corruption Eradication Commission (KPK) Prevention Network. The vulnerability of institutional potential results in low integrity ratings and impacts the erosion of resources and organizational cultural values. Data were collected using a qualitative approach, using questionnaires from 24 public service users in Buton Regency. The data were analyzed descriptively with the aim of understanding how the community perceives the integrity values of the Martabat Tujuh Constitution in the services of state civil servants (ASN) in Buton Regency. The results showed that public service users at the Takawa Office Building in Buton Regency agreed with using Martabat Tujuh Constitution integrity values in implementing public services. The survey results indicated that the public responded positively to ASN when these integrity values were applied in ASN services in Buton Regency. Commission III of the DPR RI should encourage the government to implement regulations for the ASN Law that internalize the integrity values of the Martabat Tujuh Constitution so that they can be applied widely throughout Indonesia.

Abstrak

Integritas di Kabupaten Buton mencapai indeks kerawanan sebesar 67,70 persen berdasarkan Survei Penilaian Integritas (SPI) Jaringan Pencegahan Korupsi KPK tahun 2022. Kerentanan potensi lembaga mengakibatkan rendahnya penilaian integritas dan berdampak pada terkikisnya sumber daya dan nilai-nilai budaya organisasi, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan menggunakan angket dari 24 masyarakat pengguna layanan publik di Kabupaten Buton, data dianalisis secara deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat mengenai nilai-nilai integritas Konstitusi Martabat Tujuh dalam layanan ASN di Kabupaten Buton. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat pengguna layanan publik di Gedung Perkantoran Takawa Kabupaten Buton setuju dengan penggunaan nilai-nilai integritas Konstitusi Martabat Tujuh dalam pelaksanaan pelayanan publik dengan hasil survei masyarakat yang memberikan respons positif pada nilai-nilai integritas Konstitusi Martabat Tujuh apabila diterapkan dalam layanan ASN di Kabupaten Buton. Komisi III DPR RI perlu mendorong pemerintah membuat peraturan pelaksana UU ASN yang menginternalisasikan nilai-nilai integritas Martabat Tujuh sehingga dapat diterapkan secara masif di seluruh wilayah Indonesia.

Keywords

civil servant; dignity of seven; integrity; public service; aparatur sipil negara; integritas; Konstitusi Martabat Tujuh; pelayanan publik

Full Text:

PDF

References

Biantari, D. P., & Purwadi, M. (2022). Pendekatan kepemimpinan situasional dalam upaya meningkatkan disiplin pegawai negeri sipil (PNS). Civil Apparatus Policy Brief, (049-Juli 2022), 1–4. https://www.bkn.go.id/unggahan/2022/07/49-Policy-Brief-Juli-2022.pdf

Bisri, M. H., & Asmoro, B. T. (2019). Etika pelayanan publik di Indonesia. Journal of Governance Innovation, 1(1), 59–76. https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i1.298

Colquitt, J., LePine, J. A., & Wesson, M. J. (2011). Organizational behavior: Improving performance and commitment in the workplace (2nd ed.). McGraw Hill LLC.

Endro, G. (2017). Menyelisik makna integritas dan pertentangannya dengan korupsi. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 3(1), 131–152. https://doi.org/https:/doi.org/10.32697/integritas.v3i1.159

Faharudin. (2022). The relevance of the legal value of the seven defense Constitution the Sultancy of Buton in the implementation of government in Baubau City [Disertasi]. Universitas Hasanuddin.

Faharudin, Wahid, M. Y., Saleng, A., & Lahae, K. (2022). The constitutional law values in the Martabat Tujuh Constitution of the Sultanates of Buton. Journal of Hunan University Natural Sciences, 49.(2), 290–294. https://doi.org/10.55463/issn.1674-2974.49.2.29

Gie, T. L. (2014). Etika administrasi pemerintah. In. Studi tentang Etika Umumnya dan Etika Administrasi Pemerintahan Khususnya. (pp. 1–34). Universitas Terbuka.

Hasimin, M. A. (2009). Pengaruh nilai-nilai tasawuf dalam tata negara adat (studi Konstitusi Murtabat Tujuh Kesultanan Buton) [Tesis]. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/8996

Impiyati, P., & Napisah, L. S. (2022). Pengaruh pengetahuan wajib pajak dan kualitas pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perbankan, 16(2), 740–758. http://ojs.ekuitas.ac.id/index.php/jrap/article/view/546

Indonesia Corruption Watch. (2023, Februari). Laporan hasil pemantauan tren penindakan kasus korupsi tahun 2022. ICW. https://www.icw.or.id/sites/default/files/dokumen/Tren%20Penindakan%20Tahun%202022.pdf

Islamiyah, A. N., Alyas, & Parawu, H. E. (2021). Pengaruh kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di kantor dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Gowa. Jurnal Unismuh, 2(5), 1874–1891.

Jaringan Pencegahan Korupsi. (2022). Survei Penilaian Integritas Komisi Pemberantasan Korupsi wilayah Kabupaten Buton. Jaringan Pencegahan Korupsi. https://jaga.id/jendela-pencegahan/spi?vnk=5ba07fd1

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2019, Agustus 9). Menciptakan Smart ASN menuju birokrasi 4.0. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/menciptakan-smart-asn-menuju-birokrasi-4-0

Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Prinsip-prinsip pemasaran (8th ed.). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (B. Molan, Trans.; 12th ed., Vol. 1). Indeks.

Kurniawan, H., & Rahayu, S. (2020). Pemeranan dan internalisasi karakter integritas dalam pelayanan literasi masyarakat. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 6(2), 341–354. https://doi.org/10.32697/integritas.v6i2.680

Mahrudin. (2015). Nilai-nilai hukum dalam undang-undang murtabat tujuh Buton. Jurnal Al-’Adl, 8(2), 123–139.

Malik, R. K. (2019). Konsep sufistik “martabat tujuh” sebagai model islamisasi masyarakat Buton. ESOTERIK, 5(2), 223–243. https://doi.org/10.21043/esoterik.v5i2.5983

Munafi, L. O. A. M. O. A., Tahara, T., Tenri, A., & Malim, D. D. L. O. (2020). Pebula: Local wisdom of the Buton people considering the prevention and enforcement of corruption. ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia, 5(1), 67–78. http://dx.doi.org/10.31947/etnosia.v5i1.8559

Nalefo, L. (2017). The Role of martabat tujuh within the society of the sultanate Buton Wolio. Asian Culture and History, 10(1), 6–18. https://doi.org/10.5539/ach.v10n1p6

Niampe, L. (2011). Unsur tasawuf dalam naskah undang-undang Buton. Literasi, 1(1), 43–58.

Nilasari, E., & Istiatin. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Paradigma : Jurnal Ekonomi, 13(01), 1–12. https://media.neliti.com/media/publications/115736-ID-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kep.pdf

Nurita, D. (2022, Mei 22). ICW: Perangkat Desa, ASN, dan swasta peringkat teratas terdakwa kasus korupsi. Tempo.co. https://nasional.tempo.co/read/1594044/icw-perangkat-desa-asn-dan-swasta-peringkat-teratas-terdakwa-kasus-korupsi

Purwanto, M. R. (2016). Acculturation among local wisdom, law and sufism in forming martabat tujuh enactment of Buton Sultanate. International Journal of Humanities and Management Sciences (IJHMS), 4(3), 288–292. https://www.researchgate.net/publication/344877359_Acculturation_among_Local_Wisdom_Law_and_Sufism_in_Forming_Martabat_Tujuh_Enactment_of_Buton_Sultanate

Purwanto, M. R. (2017). Sistem pemerintahan Islam dan undang-undang Kesultanan Buton di Sulawesi Tenggara. Al-Islamiyah, V(2), 22–23. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/5177/Article%202%20al-Islamiyyah%20DPPAI.pdf?sequence=1&isAllowed=y

rubriksultra.com. (2019, Juli 29). Ketua KPK kagum isi martabat tujuh, Ali Mazi wacanakan masuk kurikulum. rubriksultra.com. https://rubriksultra.com/2019/07/29/ketua-kpk-kagum-isi-martabat-tujuh-ali-mazi-wacanakan-masuk-kurikulum/

Saputro, H. E. (2016). Kualitas pelayanan publik. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 2(1), 17–30. https://doi.org/10.37676/professional.v2i1.163

Satria, H. (2021). Kebijakan kriminal pencegahan korupsi pelayanan publik. INTEGRITAS: Jurnal Antikorupsi, 6(2), 169–186. https://doi.org/10.32697/integritas.v6i2.660

Sukadari, Komalasari, M. D., & Wihaskoro, A. M. (2018). Efektivitas penanaman nilai integritas pada siswa sd melalui buku wayang pandawa bervisi antikorupsi. Integritas Jurnal Antikorupsi, 4(1), 217–244. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=743317&val=11707&title=Efektivitas%20Penanaman%20Nilai%20Integritas%20pada%20Siswa%20SD%20melalui%20Buku%20Wayang%20Pandawa%20Bervisi%20Antikorupsi

Sumartini, W. O., Sentoso, A., & Fernando, N. (2022). Edukasi integritas dan gerakan anti korupsi di SMAS Maha Bodhi Karimun. In The 4th National Conference of Community Service Project 2022.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang Aparatur Sipil Negara. (2014).

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. (2009).

Utama, M. S. (2016). Aplikasi analisis kuantitatif untuk ekonomi dan bisnis. CV Sastra Utama.

Yusriani. (2020). Pengaruh komunikasi organisasi terhadap pelayanan publik di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Enrekang [Skripsi]. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makasssar.


DOI: https://doi.org/10.46807/aspirasi.v15i1.4299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.