KEBIJAKAN KONEKTIVITAS MARITIM DI INDONESIA
Abstract
Maritime connectivity must be developed to improve competitiveness and availability of products. Indonesia’s geographical condition, dominated by the sea, needs the improvement of its maritime infrastructure to smoothly convey distribution of goods and the quality of its transportation. Until recently, it is found that there are inefficiencies in the country’s marine transportation. This paper studies the new government’s proposal of “sea toll” and its possible problems in its realization. In more details, the writer evaluates that there will be two main problems in the realization of the maritime connectivity, consisting of internal and external aspects. Meanwhile, for its success, the writer argues that improvements of port facilities, energy suplly, information technology, human resources, and so forth.
Full Text:
UntitledReferences
Buku:
Dachlan, Junaidi dan Sultan Suhab (Editor), Makassar: Puslitbang Kebijakan dan Manajemen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Hasanuddin, 2014.
Fauzi, Akhmad, Kebijakan Perikanan dan Kelautan: Isu, Sintesis, dan Gagasan, Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Gultom, Elfrida, Refungsionalisasi Pengaturan Pelabuhan untuk Meningkatkan Ekonomi Nasional, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Oktaviani, Rina, Model Ekonomi Keseimbangan Umum: Teori dan Aplikasinya di Indonesia, Bogor: Penerbit IPB Press, 2011.
Prasetyantoko, A., Ponzi Ekonomi, Jakarta:Penerbit Buku Kompas, 2010.
Prasetyantoko, A, S. Bahagijo, dan S. Budiyanto, “Prospek dan Tantangan Pembangunan Inklusif di Indonesia” dalam Pembangunan Inklusif: Prospek dan Tantangan Indonesia,
Jakarta: Penerbit LP3ES, 2012.
Priatna, Dedy S., “Kerangka Kebijakan Pembangunan Nasional Untuk Pengembangan Infrastruktur Tahun 2015 - 2019”, Pembangunan Kawasan Timur Indonesia Dalam Konteks Kekinian Indonesia, Editor Junaidi Dachlan dan Sultan Suhab, Makassar: Puslitbang Kebijakan dan Manajemen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas
Hasanuddin, 2014.
Safitri, Dini dan Budinono. Meneropong Pembangunan Ekonomi Indonesia, Surabaya: Penerbit Fakultas Bisnis dan Ekonomi Ubaya dan Forum Dosen Ekonomi Surabaya, 2014.
Todaro, Michael P., Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, alih bahasa Haris Munandar, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2000.
Artikel dalam Jurnal, Working Paper, Majalah, dan Surat Kabar
Anonim, “Penguasaan, Pemanfaatan dan Pemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna Kejayaan Bangsa dalam Rangka Ketahanan Nasional”, Jurnal Kajian Lemhanas RI, 2013.
Chaidir, Iding, “Mewujudkan Indonesia yang Sejahtera dan Berdaulat dengan Dukungan Iptek, Iptek Untuk Indonesia Sejahtera, Berdaulat, dan Bermartabat: Bunga Rampai Pemikiran Anggota Dewan Riset Nasional 2014, Iding Chaidir, (Editor) Jakarta:Dewan Riset Nasional, 2014.
Dewan Kelautan Indonesia, Kebijakan Ekonomi Kelautan dengan Model Ekonomi Biru, Jakarta: Dewan Kelautan Indonesia, 2012.
Manfaat, Djauhar, “Kajian Awal Kebutuhan Tipe dan Ukuran Kapal untuk Wilayah Maritim Indonesia”, Iptek Untuk Indonesia Sejahtera, Berdaulat, dan Bermartabat: Bunga
Rampai Pemikiran Anggota Dewan Riset Nasional 2014, penyunting: Iding Chaidir, Jakarta: Dewan Riset Nasional, 2014.
Rademakers, Martijn, “Corporate universities: driving force of knowledge innovation”, Journal of Workplace Learning, 17, 1/2; ABI/INFORM Global, 2005.
Taqwa, M. Ridhah. “Meneguhkan Kembali Kedaulatan Maritim Indonesia: Tantangan dan Peluang dari Perspektif Politik dan Keamanan”. Penguatan Kedaulatan Indonesia Sebagai Negara Maritim: Kajian dari Berbagai Perspektif, Makalah dalam Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia, Yogyakarta 14-15 Mei 2010.
“Efisiensi Rute Perintis untuk Peningkatan Ekonomi Kawasan Timur Indonesia”, Trans Media, Edisi 10, 2014.
Artikel dalam Seminar/Pertemuan
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, “Pembangunan Kelautan dalam RPJMN 2015 - 2019”, Makalah disampaikan pada Rapat Koordinasi Kementerian kelautan dan Perikanan, 28 Januari 2014.
Bank Indonesia, “Percepatan Pembangunan Ekonomi Regional Melalui Penciptaan Iklim Investasi dan Daya Saing Daerah”, Makalah disampaikan pada Rapat Koordinasi Bank Indonesia, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Pusat, 11 Agustus 2014.
Dimyati, Muhamad, “Pemikiran Kecil Tentang Kontribusi Strategis Iptek Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dunia”, Makalah disampaikan pada Dialog Nasional Kontribusi Strategis Iptek untuk Mewujudkan Poros Maritim Dunia, 10 Desember 2014.
Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor, Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, “Perkembangan Implementasi Trade Facilitation di Indonesia”, Makalah disampaikan pada Focus Group Discussion di P3DI Setjen DPR, 16 Februari 2015.
Manfaat, Djauhar, “Kontribusi Iptek Transportasi Laut Dalam Mewujudkan Poros Maritim Dunia”, Makalah disampaikan pada Dialog Nasional Kontribusi Strategis Iptek untuk Mewujudkan Poros Maritim Dunia, 10 Desember 2014.
Parikesit, Danang, Saut Guring, dan Johnson W.Sucipto, “Konektifitas, Poros Maritim Dunia dan Tol Laut: Shifting Paradigm-Changing Gear”, Makalah disampaikan pada Rapat
Dinas Pelindo, 10 Februari 2015.
Laporan Penelitian
Asosiasi Pengusaha Indonesia, “Roadmap Perekonomian: Penciptaan Tiga Juta Lapangan Kerja Berkualitas per Tahun, Kontribusi APINDO bagi Kepemimpinan Nasional”, Jakarta: APINDO, 2014.
Bahagia, S., Sandee H., Meeuws R., “State of Logistics Indonesia 2013, Collaboration Center of Logistics and Supply Chain Studies”, Bandung: Institut Teknologi Bandung, Asosiasi Logistik Indonesia, Panteia, STC Group and World Bank, 2013.
Bank Indonesia, “Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional: Laporan Nusantara”, Jakarta: Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter, Bank Indonesia, 2014.
Tambunan, T., dan R. Sitepu, “Ekspor dan Daya Saing. Policy Paper”, Jakarta: Tim ACTIVE, Kadin Indonesia, dan European Union, 2012.
Tulisan dalam Koran
“Konsep Versi Sislognas Digugat”, Bisnis Indonesia, 21 Agustus 2014.
“7 Pelabuhan Utama Harus Disiapkan”, Bisnis Indonesia, 25 September 2014.
C. P. F. Luhulima. “Jalur Sutra Maritim”, Kompas, 10 Desember 2014.
“Menuju Kejayaan Maritim”, Kompas, 16 Desember 2014.
“Optimalisasikan SMK Perikanan dan Kelautan”, Suara Pembaruan, 3 Maret 2015.
Tulisan dalam Internet
“Bongkar muat di pelabuhan terlalu lama harga jadi mahal”. http://www.tribunnews.com/bisnis/2015/01/21/bongkar-muat-dipelabuhan-terlalu-lama-harga-jadi-mahal, diakses 18 Februari 2015.
“Harga semen Rp 1 juta hanya di pedalaman Papua”. http://finance.detik.com/read/2014/11/24/182839/2757773/1036/2/hargasemen-rp-1-juta-hanya-di-pedalamanpapua, diakses 18 Februari 2015.
“Mimpi tol laut Jokowi seharga Rp 700 Triliun”. http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/11/23/104559626/.Mimpi.Tol.Laut.Jokowi.Seharga.Rp.700.Triliun, diakses 18 Februari 2015.
“Presiden fokus maritim, SMK kelautan akan direvitalisasi”. http://www.beritasatu.com/kesehatan/219416-presiden-fokusmaritim-smk-kelautan-akan-direvitalisasi.html, diakses 20 Februari 2015.
“Presiden paparkan konsep poros maritim di EAS”. http://sp.beritasatu.com/home/presiden-paparkan-konsep-poros-maritimdi-eas/68615, diakses tanggal 18 Februari
“Waktu tunggu bongkar muat pelabuhan di Indonesia terburuk di dunia”. http://www.merdeka.com/uang/waktu-tunggubongkar-muat-pelabuhan-indonesiaterburuk-
di-dunia.html, diakses tanggal 18 Februari 2015.
“Visi, Misi dan Program Aksi: Jalan Perubahan untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”. http://jkw4p.com/download/nawa_cita.pdf, diakses 12
November 2014.
Dokumen
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Buku I Agenda Pembangunan Nasional: Rencana Pembangunan Jangka
Menengah Nasional 2015 - 2019, Jakarta:Bappenas, 2014.
Pusat Data, Statistik, dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Statistik Kelautan & Perikanan, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan, 2011.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Refbacks
- There are currently no refbacks.